my PI ku …

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

1.1 Latar Belakang Masalah

 

Salon merupakan salah satu bisnis atau usaha jasa yang cukup berkembang pada saat ini. Bisnis salon dapat dilakukan dari skala yang paling kecil (rumah tangga)  sampai dengan skala besar (waralaba). Setiap bisnis yang berkembang pasti akan dihadapkan pada tantangan dan kendala serta persaingan yang cukup besar pula, karena dalam bisnis tersebut pasti ada peluang dan kesempatan untuk memperoleh hasil yang besar.

 

Supaya bisnis tersebut dapat bertahan ditengah persaingan bisnis pada bisnis yang sejenis, maka seorang pelaku usaha harus jeli, bagaimana mengembangkan usahanya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya yang disesuaikan dengan kemampuannya.

 

Frans Salon adalah salah satu dari pelaku usaha bisnis ini (bisnis kecantikan) yang telah berdiri selama 5 tahun tepatnya pada tanggal 11 Febuari 2006. Untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya Frans Salon melakukan berbagai cara seperti menyebarkan brosur, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan meningkatkan fasilitas yang ada di salon.

 

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk membahas layakkah usaha Frans Salon ini membuka cabang baru, maka penulis membuat penulisan ilmiah dengan mengambil judul ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA USAHA FRANS SALON.

 

 

 

1.2 Perumusan dan Batasan Masalah

 

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka perumusan masalahnya adalah             sebagai berikut : Apakah FRANS SALON layak untuk mendirikan cabang baru?

 

  1. Batasan Masalah

Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah penulisannya pada metode mengenai studi kelayakan yaitu Net Present Value (NVP), Payback Period (PBP), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI). Berikut data yang digunakan adalah tahun 2010.

 

 

1.3 Tujuan Penelitian

 

Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui layakkah pengembangan usaha FRANS SALON untuk mendirikan cabang baru dengan memperhatikan metode-metode studi kelayakan :

  1. Net Present Value (NVP), yang benilai positif.
  2. Payback Period (PBP) waktu masa pengembalian investasi.
  3. Internal Rate of Return (IRR), IRR > tingkat pengembalian yang disyaratkan.
  4. Profitability Index (PI), PI > 1,0 : diterima

 

 

1.4 Manfaat Penelitian

 

Manfaat untuk penulis dan pemilik usaha yaitu dapat menambah pengetahuan mengenai studi kelayakan dan dapat mengetahui layakkah usaha FRANS SALON untuk membuka cabang baru.

 

1.5 Metodologi Penelitian

1.5.1 Objek Penelitian

Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah “FRANS SALON” yang terletak di daerah Jl. Pondok Cibubur AURI.

 

1.5.2 Data atau Variabel

Dalam menyusun penelitian ilmiah ini, penulis mendapatkan data dan informasi dengan menggunakan data primer maupun data sekunder.

  1. Data Primer

Yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek atau lokasi penelitian.

  1. Data Sekunder

Yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan usaha salon tersebut.

 

1.5.3 Metode Pengumpulan Data

Dalam Penelitian ilmiah ini, penulis mengumpulkan dan mengolah data-data yang diperoleh dengan metode :

1.   Studi Lapangan (field research)

Dimana penulis langsung mengadakan penelitian dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk mengolah data tersebut dengan wawancara dan observasi.

2.   Studi Kepustakaan (library research)

Penulis juga membaca referensi yang mendukung isi penelitian ilmiah ini yang berasal dari perpustakaan maupun buku-buku yang relevan dengan pembahasan masalah ini.

 

1.5.4    Alat Analisis Yang Digunakan

Penelitian Perluasan Investasi Usaha FRANS SALON ini menggunakan 4 metode yaitu Net Present Value (NVP), Payback Period (PBP), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI).

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s